PROFIL LULUSAN DAN DESKRIPSINYA
No | Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
1 | Pendidik PAUD | Sebagai pendidik PAUD, lulusan Magister PAUD diharapkan memiliki pemahaman mendalam tentang konsep dan teori pendidikan anak usia dini. Mereka juga mampu mengembangkan model, metode, dan media pembelajaran kreatif dan inovatif bagi anak usia dini. Lulusan juga harus menguasai kajian ilmiah dalam memecahkan permasalahan terkait dengan kurikulum PAUD. Melalui pemahaman dan keterampilan ini, lulusan mampu menjadi pendidik yang kompeten dalam mengajar, membimbing, dan memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. |
2 | Peneliti | Sebagai peneliti, lulusan Magister PAUD diharapkan memiliki kemampuan dalam metodologi penelitian untuk mengembangkan pendidikan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan terkini. Mereka juga harus memiliki kemampuan mengambil keputusan berdasarkan kajian ilmiah dan mampu merancang serta mengembangkan model/metode/media pembelajaran melalui eksperimen atau pengembangan. Dengan keterampilan ini, lulusan dapat melakukan penelitian yang berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan anak usia dini dan mengembangkan inovasi pendidikan. |
3 | Konsultan PAUD | Sebagai Konsultan PAUD, lulusan Magister PAUD diharapkan memiliki pemahaman tentang konsep dan teori pendidikan anak usia dini serta kemampuan untuk meningkatkan kemandirian dalam pengembangan profesi. Lulusan juga harus memiliki pengetahuan tentang strategi kemitraan masyarakat dalam pengembangan PAUD dan kemampuan dalam mengembangkan moral dan nilai agama. Dengan pengetahuan dan keterampilan ini, lulusan dapat menjadi pendukung, penggerak, dan pembela dalam memperjuangkan hak-hak dan kepentingan anak usia dini serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan anak usia dini. |
4 | Menajer PAUD | Sebagai manajer PAUD, lulusan Magister PAUD diharapkan memiliki pengetahuan tentang manajemen PAUD dan kepemimpinan PAUD. Lulusan juga diharapkan memiliki pemahaman tentang landasan dan konsep dasar pendidikan AUD serta mampu memahami permasalahan dalam pengelolaan PAUD melalui seminar problematik. Dengan pemahaman dan keterampilan ini, lulusan dapat menjadi pemimpin dan manajer yang efektif dalam merencanakan, mengorganisasi, mengelola, dan mengembangkan lembaga pendidikan anak usia dini. |
Rumusan CPL
Capaian pembelajaran lulusan PS Magister Pendidikan Anak Usia Dini adalah sebagai berikut
Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan
ASPEK | INDIKATOR |
SIKAP | Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.Memanifestasikan nilai kejiwaan WASAKA terhadap masyarakat dan lingkungannya secara berkelanjutan |
PENGETAHUAN | Kemampuan memahami landasan filosofis pengembangan pendidikan anak usia diniMengembangkan konsep dan teori pendidikan anak usia dini.Mengembangkan metode penelitian terkini tentang anak usia dini.Menguasai dasar keilmuan manajemen PAUD yang efektif dan efisienMenguasai keilmuan dalam pengembangan daya pikir dan daya cipta, sains, literasi dan numerasi, serta moral dan nilai agama Menguasai strategi pengembangan desain dan asesmen pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik berbasis ICTMampu mengatasi permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang PAUD melalui pendekatan inter atau multidisiplinerMenguasai dan mampu mengembangkan berbagai strategi dalam membangun kemitraan dengan masyarakat, stakeholders, serta berbagai institusi menuju PAUD yang unggul. |
KETERAMPILAN UMUM | Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologiMampu melakukan validasi akademik atau kajian kePAUDan dalam menyelesaikan masalah dimasyarakat yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlianMampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luasMampu melakukan kajian kePAUDan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplinMampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luasMampu mengembangkan keilmuan secara mandiriMampu merancang strategi pemecahan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang PAUD melalui pendekatan inter atau multidisiplinerMampu merancang strategi kemitraan dengan masyarakat, stakeholders, serta berbagai institusi menuju PAUD yang unggul |
KETERAMPILAN KHUSUS | Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan PAUD melalui pendekatan inter atau multidisiplin berlandaskan filosofis pengembangan pendidikan anak usia diniMampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif melalui pendekatan riset inter atau multidisipliner berlandaskan konsep dan teori pendidikan anak usia dini.Mampu merancang penelitian dan merancang riset pengembangan dalam bidang PAUD yang mendapat pengakuan nasional dan internasionalMampu menerapkan manajemen PAUD yang efektif dan efisien, serta pengelolaan PAUD yang mandiri, kreatif dan inovatifMampu mengembangkan pembelajaran daya pikir dan daya cipta, sains, literasi dan numerasi, serta moral dan nilai agama secara kreatif, inovatif berbasis lingkungan lahan basah dan ICTMampu mengakses dan mengembangkan sumber belajar anak usia dini berbasis lingkungan lahan basahMampu merancang strategi pemecahan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang PAUD melalui pendekatan inter atau multidisiplinerMampu merancang strategi kemitraan dengan masyarakat, stakeholders, serta berbagai institusi menuju PAUD yang unggul. |